You are here
Home > Terkini > AIIB Siap Danai 4 Proyek Infrastruktur Indonesia

AIIB Siap Danai 4 Proyek Infrastruktur Indonesia

Asian Infrastructure Investemnt Bank (AIIB) atau Bank Investasi Infrastruktur Asia siap mengucurkan dana untuk beberapa proyek infrastruktur di Indonesia. Nilai total investasi tersebut sebesar 691,5 juta dollar AS. Proyek yang diadakan rencananya berkaitan dengan sektor lingkungan dan sosial yang berkelanjutan.

Menurut Head Of Communivations and Development AIIB Lauren Ostfield, proyek infrastruktur tersebut diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Selain itu, pembangunan infrastruktur juga dapat berjalan dengan kerja sama mencari solusi inovatid yang dikombinasikan dari modar swasta dengan bank pembangunan, yakni pemerintah dan swasta.

Laurel menambahkan jika modal swasta merupakan bagoan penting dalam pembiayaan investasi infrastruktur di Asia untuk beberapa dekade mendatang. Kerja sama dengan pemerintah Indonesia diharapkan akan terus berlanjut. Ini merupakan upaya untuk mengakselerasi serta memperbesar skala kerjasama pemerintah dan badan usaha. Kerja sama yang dijalankan melalui proyek sangat baik untuk pertumbuhan ekonomi suatu negara. Beriktu Proyek yang akan dijalankan atas kerjasama tersebut.

Modernisasi Irigasi Strategis dan Proyek Rehabilitasi Mendesak

AIIB menyediakan pendanaan sekitar 250 juta dollar AS untuk menyelesaikan proyek peningkatan sistem irigasi yag mencapai toal pembiayaan 578 jutal dollar AS. Selama ini hasil panen cenderung stagrnan karena infrastruktur yang kurang memadai.

Proyek Perbaikan Operasional dan Keselamatan Bendungan Fase II

Tujuan dari proyek ini adalah memperbaiki kehidupan orang yang berada di hilir bendungan dan melindungi infrastruktur lokal. Pemerintah Indonesia mendapatkan kucuran dana sebesar 125 juta dollar AS untuk membiayai proyek dengan total nilai proyek 300 juta dollar AS.

Proyek Dana Pengembangan Infrastruktur Regional

Proyek ini memiliki tujuan untuk meningkatkan akses ke pembiayaan infrastuktur dengan mencipatakan perantara keuangan dari AIIB, Bank Dunia, dan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah atau subnasional. AIIB menggelontorkan dana 100 juta dollar AS untuk dimanfaatkan sub proyek pada bidang sanitasi air, transportasi, manajemen banjir, drainase, dan sebagainya.

Proyek Nasional Perbaikan Wilayah Kumuh

Untuk mendukung Program Kota Tanpa Kumum (KOTAKU), program nasional tersebut membutuhkan biaya 1,7 miliar dollar AS. AIIB menyediakan 216,5 juta dollar AS untuk membantu mendanai program tersebut.

Leave a Reply

Top