You are here
Home > Serba Serbi > LRT Sumsel Kembali Beroperasi Setelah Sempat Mogok

LRT Sumsel Kembali Beroperasi Setelah Sempat Mogok

Dirjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri mengungkapkan bahwa Light Tail Transit (LRT) Sumetera Selatan akan kembali beroperasi untuk menyambut Asian Games pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang.

Sebelumnya, LRT sempat beberapa kali mogok karena ada gangguan teknis. Namun saat ini Zilfikri yakin LRT dapat beroperasi degan normal.

Zulfikri menambahkan bahwa tim sudah bekerja keras untuk memperbaiki masalah teknis dan mengecek ulang seluruh kelengkapan operasional LRT, termasuk masalah prosedur keamanan dan keselamatan. Zulfikri yakin bahwa LRT mogok tidak akan terulang lagi.

LRT akan digunakan untuk mengakomodir kepentingan para atlet Asian Games, panitia, official, serta para awak media yang melakukan peliputan selama perhelatan Asian Games di Palembang.

Terkait dengan mogoknya LRT di Palembang, Zulfikri minta agar hal tersebut tidak perlu dibesar-besarkan. Justru masyarakat harus memberikan apresiasi karena ini merupakan karya anak bangsa. LRT Sumsel dibuat oleh PT INKA, kemudian sistem persinyalan dikerjakan oleh PT LEN Industri, dan pembangunan jalur dikerjakan oleh PT Waskita Karya. Sedangkan opersionnal LRT dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia.

Di sisi lain, pihak Kementerian Perhubungan tetap meminta maaf atas kendala dan ketidaknyamanan yang terjadi atas peristiwa tersebut. Pihak Kementerian Perhubungan telah melakukan penyelidikan mengenai penyebab kejadian tersebut.

Atas insiden tersebut pihak Kementerian Perhubungan akan mengoreksi semua stakholder. Untuk kedepannya, Kementerian Perhubungan optimis pengembang moda transportasi LRT  akan jauh lebih baik kedepannya.

LRT Sumatera Selatan  merupakan lompatan besar bagi PT INKA yang merupakan satu-satunya manufaktur perkeraapuan di Asia Tenggara. Untuk itu masayrakat harus mendukung atas kerja keras karya anak bangsa.

Sementara itu, Zulfikri mengungkapkan bahwa pada hari Selasa kemarin LRT telah digunakan untuk mengangkut para atlet dan official dari Tajikistan dari Bandara Internasonal Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang menuju kawasan Jakabaring yang merupakan pusat pertandingan olahraga Asian Games 2018. Asian Games 2018 akan dibuka mulai tanggal 18 Agustus 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Leave a Reply

Top