You are here
Home > Terkini > PLTA Kayan dan Beberapa Prioritas Pembangunan Kaltara Lainnya

PLTA Kayan dan Beberapa Prioritas Pembangunan Kaltara Lainnya

Kalimantan memiliki prioritas pembangunan infrastruktur dalam beberapa tahun ke depan. Salah satu prioritas tersebut adalah PLTA Kayan.

Sejak dinyatakan sebagai Provinsi baru pada tahun 2012, Kalimantan Utara mulai berbenah. Pemprov Kaltara berencana membangun beberapa infrastruktur, mulai dari jalan, pelabuhan, dan masih banyak lagi. Kaltara juga harus memperbaiki kelistrikan yang ada di wilayahnya. Salah satunya melalui pembangunan PLTA Kayan.

PLTA Kayan jadi salah satu program prioritas pembangunan infrastrukur Kalimantan Utara. Program prioritas memang telah ada sekitar tahun 2012. Rencananya, PLTA Kayan akan menyediakan kebutuhan listrik di Kalimantan Utara.

Selain PLTA Kayan, ada program prioritas lain yang dimiliki Kaltara

Sebagai wilayah termuda, Pemprov Kalimantan Utara telah bertekad untuk memperbaiki berbagai infrastruktur, baik berupa infrastruktur fisik maupun penunjang ekonomi. Beberapa program prioritas di Kaltara adalah sebagai berikut.

  1. Jalan Perbatasan

Letak Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan Malaysia membuat Pemprov bertekad untuk memperbaiki jalan perbatasan tersebut. Pembangunan tersebut bertujuan untuk memperlancar konektivitas antara Kalimantan Utara dengan Malaysia. Jalan tersebut juga akan membantu memperlancar pendistribusian logistik dan transportasi.

  1. Pembangunan Bandara

Kalimantan Utara akan membangun sejumlah bandar udara. Beberapa bandar udara yang akan dibangun adalah Bandara Juwata Tarakan, Bandara Tanjung Harapan, Bandara Nunukan, Bandara Yuvai Semaring, Bandara RA Besing, dan Bandara Long Apung. Pembangunan bandara ini diharapkan mampu meningkatkan potensi pariwisata dan investasi di Kalimantan Utara.

  1. Pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional

Proyek pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) rencananya akan dibangun di Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Bulungan, Kaltara. Selain jadi prioritas provinsi, KIPI juga masuk dalam proyek strategis nasional (PSN).

Selain PLTA Kayan, Pemprov Kaltara juga akan membangun embung dan bendungan (presidenri.go.id)
  1. Bendungan

Kalimantan Utara memiliki wilayah perairan yang cukup luas, mulai dari sungai hingga rawa. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Pemprov Kaltara ingin membangun bendungan. Bendungan tersebut diharapkan mampu mendukung kedaulatan pangan dan ketahanan air.

Ada beberapa proyek yang akan dibangun, beberapa di antaranya adalah pembangunan Sea Wall Pantai Amal Baru, Embung Rawa Sari, Embung Serbaguna Pulau Bunyu, dan masih banyak lagi.

  1. Program Pembangunan Perumahan dan Pemukiman

Pemerintah Kalimantan Timur juga memiliki program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Program ini diadakan untuk mencegah dan menangani kawasan kumuh di Kaltara. Dalam program ini, ada sejumlah pembangunan yang akan dilakukan. Mulai dari perbaikan saluran air, pembangunan penampungan sampah, dan masih banyak lagi.

  1. PLTA Kayan

Seperti yang telah disebutkan di atas, PLTA Kayan merupakan pembangkit listrik tenaga air yang digadang jadi PLTA terbesar se-Indonesia, bahkan Asia. PLTA ini diproyeksi memiliki kapasitas listrik sebesar 9.000 MW. PLTA Kayan akan ditopang dengan lima unit bendungan, yang masing-masing unit memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

PLTA Kayan dibangun dengan tujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Kalimantan Utara berbatasan langsung dengan Malaysia. Letaknya yang terpencil membuat kebutuhan listrik sering terkendala. Dengan adanya PLTA Kayan, diharapkan ekonomi Kaltara juga dapat terdongkrak.

Leave a Reply

Top