Page not found – Android Bo http://androidbo.com Informasi Mineral Gas Dan Pembangkit Listrik Mon, 20 Apr 2020 04:58:05 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.7 Direktur PT GEB Tjandra Limanjaya bin Yohanes Limanjaya dan Semangat Membangun Negeri http://androidbo.com/direktur-pt-geb-tjandra-limanjaya-bin-yohanes-limanjaya-dan-semangat-membangun-negeri/ http://androidbo.com/direktur-pt-geb-tjandra-limanjaya-bin-yohanes-limanjaya-dan-semangat-membangun-negeri/#respond Wed, 15 Apr 2020 07:18:41 +0000 http://androidbo.com/?p=317 PT General Energy Bali (GEB) adalah perusahaan yang konsentrasi dalam pengelolaan sumber tenaga dan energi di Indonesia. Sebagai perusahaan yang berjasa dalam pembangunan negeri, berikut ini kami rangkum profil Direktur PT GEB Tjandra Limanjaya bin Yohanes Limanjaya. Spirit Direktur PT GEB Tjandra Limanjaya Tjandra Limanjaya bin Yohanes Limanjaya yaitu seorang pebisnis sukses yang memiliki banyak...

The post Direktur PT GEB Tjandra Limanjaya bin Yohanes Limanjaya dan Semangat Membangun Negeri appeared first on Android Bo.

]]>
PT General Energy Bali (GEB) adalah perusahaan yang konsentrasi dalam pengelolaan sumber tenaga dan energi di Indonesia. Sebagai perusahaan yang berjasa dalam pembangunan negeri, berikut ini kami rangkum profil Direktur PT GEB Tjandra Limanjaya bin Yohanes Limanjaya.

Spirit Direktur PT GEB Tjandra Limanjaya

Tjandra Limanjaya bin Yohanes Limanjaya yaitu seorang pebisnis sukses yang memiliki banyak usaha di beragam-variasi bidang. Suami dari Irnawati Sutanto ini memiliki banyak perusahaan dan menjadi Direktur PT General Energy Bali (GEB). 

Pengusaha kelahiran Jakarta, tanggal 17 Juli 1958 ini mulai dikenal publik karena memiliki banyak investasi di dunia usaha dan wisata. Dan kini, bisnisnya telah merambah di kancah internasional.

Sebagai seorang patent inventor sekaligus ayah dari Lukas Limanjaya ini telah ikut serta membantu negara dalam penciptaan lapangan pekerjaan. Baginya, lapangan pekerjaan di Indonesia sudah semestinya tercipta secara kontinyu, artinya wajib selalu ada hal baru.

Direktur PT GEB Tjandra Limanjaya setidaknya bisa menjadi contoh figur bagi kita seluruh sekalian menandakan jikalau Indonesia cakap mengelola tenaga dan investasi sendiri tanpa campur tangan pihak asing.

Baca juga link terkait berikut mengenai contoh putusan MA Tjandra Limanjaya

The post Direktur PT GEB Tjandra Limanjaya bin Yohanes Limanjaya dan Semangat Membangun Negeri appeared first on Android Bo.

]]>
http://androidbo.com/direktur-pt-geb-tjandra-limanjaya-bin-yohanes-limanjaya-dan-semangat-membangun-negeri/feed/ 0
Ulasan Pers TKA China yang Diisukan Masuk PT GEB http://androidbo.com/ulasan-pers-tka-china-yang-diisukan-masuk-pt-geb/ http://androidbo.com/ulasan-pers-tka-china-yang-diisukan-masuk-pt-geb/#respond Mon, 13 Apr 2020 13:39:54 +0000 http://androidbo.com/?p=313 Bali – Beredar kabar hokas jika para pekerja asing memasuki wilayah Indonesia selama masa corona. Berikut ini ulasan Pers TKA China yang diklarifikasi langsung oleh PT General Energy Bali (GEB). Ulasan Pers TKA China oleh PT GEB Tadinya tersebar isu bila PT GEB hendak memakai 25 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina dari Palembang. Menjawab...

The post Ulasan Pers TKA China yang Diisukan Masuk PT GEB appeared first on Android Bo.

]]>
Bali – Beredar kabar hokas jika para pekerja asing memasuki wilayah Indonesia selama masa corona. Berikut ini ulasan Pers TKA China yang diklarifikasi langsung oleh PT General Energy Bali (GEB).

Ulasan Pers TKA China oleh PT GEB

Tadinya tersebar isu bila PT GEB hendak memakai 25 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina dari Palembang. Menjawab informasi tersebut, pihak perseroan secara tegas melaporkan bila berita tersebut tidak benar.

PT GEB menolak bila hendak memakai 25 TKA tersebut, serta membantah bila ada data yang sumbernya tidak dapat dipercaya tersebut.

Perihal tersebut secara langsung diungkapkan oleh Vice Manager General Affair Department PT General Energy Bali, Indriati Tanu Tanto lewat penjelasan tertulisnya, Minggu (12/ 4/ 2020).

Statment Indriati menanggapi data hoaks yang tersebar di warga Buleleng dalam sebagian hari terakhir. Tadinya tersebar berita bila PT GEB hendak mempekerjakan TKA asal Cina di Buleleng.

Statment Indriati tersebut sekalian meluruskan serta mengklarifikasi terdapatnya berita meresahkan yang tersebar di warga Buleleng dalam sebagian hari terakhir ini.

Di tengah pandemi corona ini memanglah banyak tersebar berita serta data yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Jadi, setelah adanya ulasan pers TKA China oleh PT GEB diharap warga Bali tidak takut lagi.

The post Ulasan Pers TKA China yang Diisukan Masuk PT GEB appeared first on Android Bo.

]]>
http://androidbo.com/ulasan-pers-tka-china-yang-diisukan-masuk-pt-geb/feed/ 0
Menimbang Jumlah Kalori yang Terkandung Dalam Setiap Jenis Kopi http://androidbo.com/menimbang-jumlah-kalori-yang-terkandung-dalam-setiap-jenis-kopi/ http://androidbo.com/menimbang-jumlah-kalori-yang-terkandung-dalam-setiap-jenis-kopi/#respond Fri, 25 Oct 2019 08:29:35 +0000 http://androidbo.com/?p=305 Jumlah kalori dalam setiap jenis kopi memiliki besaran yang berbeda-beda. Untuk mengetahui jumlah kandungannya, yuk simak berita berikut! Saat ini, kopi tidak hanya digunakan untuk mengatasi rasa kantuk, namun telah bertransformasi menjadi sebuah gaya hidup. Hal ini semakin didukung dengan maraknya coffee shop di seluruh sudut kota. Tak heran jika kegiatan ngopi banyak digemari oleh...

The post Menimbang Jumlah Kalori yang Terkandung Dalam Setiap Jenis Kopi appeared first on Android Bo.

]]>
Jumlah kalori dalam setiap jenis kopi memiliki besaran yang berbeda-beda. Untuk mengetahui jumlah kandungannya, yuk simak berita berikut!

Saat ini, kopi tidak hanya digunakan untuk mengatasi rasa kantuk, namun telah bertransformasi menjadi sebuah gaya hidup. Hal ini semakin didukung dengan maraknya coffee shop di seluruh sudut kota.

Tak heran jika kegiatan ngopi banyak digemari oleh anak-anak muda. Rasa manis dan pahit telah menjadi teman yang pas dalam obrolan bersama rekan sejawat. Akan tetapi, terlalu asik menikmati kopi, membuat orang sering lupa dengan jumlah kalorinya.

Menilik jumlah kalori di tiap jenis kopi

Melansir Asia One, setiap jenis kopi memiliki kandungan jumlah kalori yang berbeda-beda. Berikut kami sajikan informasi mengenai kalori yang terkandung dalam beberapa jenis coffee.

  1. Kopi hitam

Kopi hitam memiliki jumlah kalori yang paling sedikit dengan kopi susu. Sebab hanya terdiri dari sari biji kopi dan air. Dalam secangkir black coffee hanya terkandung 5 kalori.

  1. Kopi Susu

Kopi susu merupakan salah satu jenis kopi yang paling kerap dipesan di coffe shop. Jumlah kalori dalam kopi susu sangat bergantung dengan campuran gula dan susu yang ditambahkan.

Kopi dengan susu evaporasi mengandung 90 kalori. Adapun kopi dengan susu evaporasi menyimpan 135 kalori.

Caffe Latte/ilustrasi (Shutterstock)

  1. Caffee latte

Caffe latte merupakan espresso dengan campuran susu serta miliki lapisan busa yang tipis diatasnya. Latte yang berukuran sedang tanpa tambahan gula mengandung 120 kalori. Namun jika diberi gula, jumlah kalori akan bertambah 16 pada setiap sendok teh gula.

  1. Cappuccino

Jenis susu yang digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat cappuccino sangat berpengaruh terhadap jumlah kalori di dalamnya.

Susu skim berkontribusi sebesar 68 kalori di cappuccino. Sedangkan susu full cream akan membuat jumlah kalori bertambah menjadi 150 kalori.

  1. Kopi sachet

Kopi sachet mengandung jumlah kalori yang beragam. Untuk kopi hitam instan tanpa gula mengandung 5 kalori untuk setiap cangkirnya. Sedangkan kopi susu dapat menyimpan 80 kalori karena ada penambaham gula dan krim.

“Ingin mendapatkan informasi seputaran gaya hidup dan hal-hal menarik lainnya? Yuk, pantau terus Berita harian online lifestyle di website kami”

The post Menimbang Jumlah Kalori yang Terkandung Dalam Setiap Jenis Kopi appeared first on Android Bo.

]]>
http://androidbo.com/menimbang-jumlah-kalori-yang-terkandung-dalam-setiap-jenis-kopi/feed/ 0
PLTA Kayan Dijadikan Sebagai Program Ketahanan Energi di Indonesia http://androidbo.com/plta-kayan-dijadikan-sebagai-program-ketahanan-energi-di-indonesia/ http://androidbo.com/plta-kayan-dijadikan-sebagai-program-ketahanan-energi-di-indonesia/#respond Fri, 27 Sep 2019 07:31:19 +0000 http://androidbo.com/?p=299 Listrik yang dihasilkan oleh PLTA Kayan akan didistribusikan ke KIPI, sisanya dapat digunakan sebagai ketahanan energi di Kalimantan. Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jendral (Purn) TNI Moeldoko mengungkapkan pasokan listrik untuk calon ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) dapat terpenuhi dari program pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Kayan Kalimantan Utara. “Tidak perlu...

The post PLTA Kayan Dijadikan Sebagai Program Ketahanan Energi di Indonesia appeared first on Android Bo.

]]>
Listrik yang dihasilkan oleh PLTA Kayan akan didistribusikan ke KIPI, sisanya dapat digunakan sebagai ketahanan energi di Kalimantan.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jendral (Purn) TNI Moeldoko mengungkapkan pasokan listrik untuk calon ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) dapat terpenuhi dari program pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Kayan Kalimantan Utara.

“Tidak perlu dipermasalahkan, apalagi Sungai Kayan tidak berada jauh dari Kaltim,” terang Moeldoko di Kantor KSP, Rabu (4/9/2019). Seperti dilansir dari Antaranews.com.

PLTA Kayan  siap pasok listrik di kawasan industri dan publik

Sebelumnya, pada pertengahan Agustus lalu, investor utama PLTA Kayan telah melakukan perjanjian kerja sama dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Adhi Karya dan PT Pelabuhan Indonesia IV.

Dalam perjanjian tersebut, Adhi Karya dan Pelindo IV akan ikut berpartisipasi dalam pelaksaan konstruksi PLTA Kayan di Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan.

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengungkapkan, skema investasi yang telah disepakati antar perusahaan adalah bisnis to bisnis.

Dari segi dana Investasi, Irianto menyebut, pembangunan PLTA Kayan akan menghabiskan dana yang sangat besar. Untuk pembangunan tahap pertama atau PLTA Kayan 1 dengan target daya 900 MW di perkirakan menyentuh 2 miliar dolar AS.

Sementara untuk membangun PLTA dengan kapasitas total 9.000 megawatt membutuhkan dana investasi hingga 20,7-24,3 miliar dolar AS.

Moeldoko mengungkapkan, rencana pembangunan PLTA Kayan, merupakan program pemerintah untuk mewujudkan ketahanan energi di Indonesia, terutama di Pulau Kalimantan.

Gambar PLTA/ilustrasi (Thinkstock)

“Yang jelas, kita dari KSP akan terus mengawal, hingga pembangunan PLTA ini terwujud,” ungkap Moeldoko.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Kayan Hidro Energi (KHE) Khaerony mengtakan, listrik yang dihasilkan oleh PLTA Kayan sebagian besar akan digunakan untuk melistriki Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) yang akan dibangun di Tanah Kuning.

Kendati demikian, PT KHE berjanji listrik yang dirpoduksi oleh PLTA Kayan dapat digunakan untuk kepentingan publik/rumah tangga.

“Kami sudah meneken MoU dengan PLN. Jadi kalau jual listrik lewat PLN kami siap, diberi wilayah usaha kami siap. Yang jelas kami akan melistriki kawasan industri,” kata Kaherony di Jakarta, Rabu (21/8/2019). Seperti dikutip dari Kontan.co.id.

Untuk komposisinya, 70 persen listrik dari PLTA Kayan akan digunakan untuk melistriki KIPI. Dan 30 persen sisanya dapat digunakan untuk memperkuat ketahanan energi di Kalimantan.

The post PLTA Kayan Dijadikan Sebagai Program Ketahanan Energi di Indonesia appeared first on Android Bo.

]]>
http://androidbo.com/plta-kayan-dijadikan-sebagai-program-ketahanan-energi-di-indonesia/feed/ 0
PLTA Kayan dan Beberapa Prioritas Pembangunan Kaltara Lainnya http://androidbo.com/plta-kayan-dan-beberapa-prioritas-pembangunan-kaltara-lainnya/ http://androidbo.com/plta-kayan-dan-beberapa-prioritas-pembangunan-kaltara-lainnya/#respond Fri, 20 Sep 2019 09:26:36 +0000 http://androidbo.com/?p=294 Kalimantan memiliki prioritas pembangunan infrastruktur dalam beberapa tahun ke depan. Salah satu prioritas tersebut adalah PLTA Kayan. Sejak dinyatakan sebagai Provinsi baru pada tahun 2012, Kalimantan Utara mulai berbenah. Pemprov Kaltara berencana membangun beberapa infrastruktur, mulai dari jalan, pelabuhan, dan masih banyak lagi. Kaltara juga harus memperbaiki kelistrikan yang ada di wilayahnya. Salah satunya melalui...

The post PLTA Kayan dan Beberapa Prioritas Pembangunan Kaltara Lainnya appeared first on Android Bo.

]]>
Kalimantan memiliki prioritas pembangunan infrastruktur dalam beberapa tahun ke depan. Salah satu prioritas tersebut adalah PLTA Kayan.

Sejak dinyatakan sebagai Provinsi baru pada tahun 2012, Kalimantan Utara mulai berbenah. Pemprov Kaltara berencana membangun beberapa infrastruktur, mulai dari jalan, pelabuhan, dan masih banyak lagi. Kaltara juga harus memperbaiki kelistrikan yang ada di wilayahnya. Salah satunya melalui pembangunan PLTA Kayan.

PLTA Kayan jadi salah satu program prioritas pembangunan infrastrukur Kalimantan Utara. Program prioritas memang telah ada sekitar tahun 2012. Rencananya, PLTA Kayan akan menyediakan kebutuhan listrik di Kalimantan Utara.

Selain PLTA Kayan, ada program prioritas lain yang dimiliki Kaltara

Sebagai wilayah termuda, Pemprov Kalimantan Utara telah bertekad untuk memperbaiki berbagai infrastruktur, baik berupa infrastruktur fisik maupun penunjang ekonomi. Beberapa program prioritas di Kaltara adalah sebagai berikut.

  1. Jalan Perbatasan

Letak Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan Malaysia membuat Pemprov bertekad untuk memperbaiki jalan perbatasan tersebut. Pembangunan tersebut bertujuan untuk memperlancar konektivitas antara Kalimantan Utara dengan Malaysia. Jalan tersebut juga akan membantu memperlancar pendistribusian logistik dan transportasi.

  1. Pembangunan Bandara

Kalimantan Utara akan membangun sejumlah bandar udara. Beberapa bandar udara yang akan dibangun adalah Bandara Juwata Tarakan, Bandara Tanjung Harapan, Bandara Nunukan, Bandara Yuvai Semaring, Bandara RA Besing, dan Bandara Long Apung. Pembangunan bandara ini diharapkan mampu meningkatkan potensi pariwisata dan investasi di Kalimantan Utara.

  1. Pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional

Proyek pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) rencananya akan dibangun di Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Bulungan, Kaltara. Selain jadi prioritas provinsi, KIPI juga masuk dalam proyek strategis nasional (PSN).

Selain PLTA Kayan, Pemprov Kaltara juga akan membangun embung dan bendungan (presidenri.go.id)

  1. Bendungan

Kalimantan Utara memiliki wilayah perairan yang cukup luas, mulai dari sungai hingga rawa. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Pemprov Kaltara ingin membangun bendungan. Bendungan tersebut diharapkan mampu mendukung kedaulatan pangan dan ketahanan air.

Ada beberapa proyek yang akan dibangun, beberapa di antaranya adalah pembangunan Sea Wall Pantai Amal Baru, Embung Rawa Sari, Embung Serbaguna Pulau Bunyu, dan masih banyak lagi.

  1. Program Pembangunan Perumahan dan Pemukiman

Pemerintah Kalimantan Timur juga memiliki program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Program ini diadakan untuk mencegah dan menangani kawasan kumuh di Kaltara. Dalam program ini, ada sejumlah pembangunan yang akan dilakukan. Mulai dari perbaikan saluran air, pembangunan penampungan sampah, dan masih banyak lagi.

  1. PLTA Kayan

Seperti yang telah disebutkan di atas, PLTA Kayan merupakan pembangkit listrik tenaga air yang digadang jadi PLTA terbesar se-Indonesia, bahkan Asia. PLTA ini diproyeksi memiliki kapasitas listrik sebesar 9.000 MW. PLTA Kayan akan ditopang dengan lima unit bendungan, yang masing-masing unit memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

PLTA Kayan dibangun dengan tujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Kalimantan Utara berbatasan langsung dengan Malaysia. Letaknya yang terpencil membuat kebutuhan listrik sering terkendala. Dengan adanya PLTA Kayan, diharapkan ekonomi Kaltara juga dapat terdongkrak.

The post PLTA Kayan dan Beberapa Prioritas Pembangunan Kaltara Lainnya appeared first on Android Bo.

]]>
http://androidbo.com/plta-kayan-dan-beberapa-prioritas-pembangunan-kaltara-lainnya/feed/ 0
PLTA Kayan Bekerja Sama dengan Pelindo IV dan Adhi Karya http://androidbo.com/plta-kayan-bekerja-sama-dengan-pelindo-iv-dan-adhi-karya/ http://androidbo.com/plta-kayan-bekerja-sama-dengan-pelindo-iv-dan-adhi-karya/#respond Wed, 18 Sep 2019 05:25:56 +0000 http://androidbo.com/?p=290 PLTA Kayan akan dibangun pada akhir tahun 2019. PLTA Kayan adalah calon Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar di Indonesia. Dalam pembangunannya PLTA Kayan akan bekerja sama dengan PT Pelindo IV dan PT Adhi Karya Tbk. PLTA Kayan, Bagian dari Proyek Strategis PLTA Kayan sendiri merupakan salah satu bagian dari Proyek Strategis Pemerintah di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Selain...

The post PLTA Kayan Bekerja Sama dengan Pelindo IV dan Adhi Karya appeared first on Android Bo.

]]>
PLTA Kayan akan dibangun pada akhir tahun 2019.

PLTA Kayan adalah calon Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar di Indonesia. Dalam pembangunannya PLTA Kayan akan bekerja sama dengan PT Pelindo IV dan PT Adhi Karya Tbk.

PLTA Kayan, Bagian dari Proyek Strategis

PLTA Kayan sendiri merupakan salah satu bagian dari Proyek Strategis Pemerintah di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Selain PLTA Kayan, di Kaltara juga akan turut dibangun pelabuhan internasional dan juga kawasan industri terpadu.

Pelabuhan, kawasan industri, dan juga PLTA Kayan, ke depannya diharapkan dapat terintegrasi di Kaltara. Sungai Kayan sendiri mempunyai potensi energi listrik hingga 9.000 Megawatt (MW).

Kepala Staf Presiden, Moeldoko, dilansir dari Kumparan.com (15/8/2019)  menyebut jika tujuan dari kerja sama tersebut adalah untuk mengupayakan pembangunan yang lebih maksimal.

“Investasi yang segera dimulai di Kalimantan Utara, yaitu sebuah pembangunan PLTA di Sungai Kayan yang secara agregat nanti jumlahnya nanti 9.000 Megawatt,” kata Moeldoko.

Sungai Kayan (borneotourgigant.com)

Daerah terintegrasi di Kaltara, menurut Moeldoko ke depannya dapat menjadi kawasan industri berskala besar, lengkap dengan PLTA sebagai sumber energi dan juga adanya pelabuhan.

Tidak hanya KSP, melalui kesempatan yang sama, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie juga turut mengungkapkan, jika kerja sama dengan  Adhi Karya dan Pelindo IV adalah suatu langkah yang strategis.

Pelindo IV sendiri nantinya akan fokus pada pembangunan pelabuhan internasional, sementara itu Adhi Karya akan fokus pada pembangunan PLTA Kayan.

“Tadi sudah dijelaskan oleh Pak Moel, pembangunan PLTA terintegrasi dengan pembangunan kawasan industri dan pelabuhan internasional kita singkat KIPMI yang berlokasi di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Bulungan,” ungkap Lambrie.

Lambri juga menyimpulkan jika ke depannya energi listrik yang dihasilkan oleh PLTA Kayan juga dapat disalurkan untuk daerah industri.

“Nanti listrik yang dihasilkan akan dialirkan kesana dan kawasan ini akan dibangun industri-Industri,” ujarnya.

Pembangunan PLTA Kayan sendiri akan berlokasi di di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara). PLTA yang sejak pra-konstruksi sudah dinobatkan sebagai pembangkit listrik terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara tersebut akan memiliki kapasitas total listrik sebesar 9.000 MW.

Pembangunan PLTA Kayan akan melalui lima tahapan dan lima bendungan secara keseluruhan. Pembangunan PLTA Kayan Tahap I yang akan dimulai akhir tahun 2019, ditargetkan dapat menghasilkan listrik sebesar 900 MW.

The post PLTA Kayan Bekerja Sama dengan Pelindo IV dan Adhi Karya appeared first on Android Bo.

]]>
http://androidbo.com/plta-kayan-bekerja-sama-dengan-pelindo-iv-dan-adhi-karya/feed/ 0
PLTA Kayan Tidak Akan Temui Hambatan Perizinan http://androidbo.com/plta-kayan-tidak-akan-temui-hambatan-perizinan/ http://androidbo.com/plta-kayan-tidak-akan-temui-hambatan-perizinan/#respond Mon, 16 Sep 2019 03:59:57 +0000 http://androidbo.com/?p=285 Untuk mempercepat pembangunan PLTA Kayan, dijamin perizinannya tidak akan dihambat. Jaminan tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara. Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA Kayan terus didorong agar bisa segera dilaksanakan. Hal ini dikemukakan langsung oleh Irianto Lambrie, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara). Dilansir dari korankaltara.com, tahun ini mobilisasi alat sudah bisa dilakukan jika tidak...

The post PLTA Kayan Tidak Akan Temui Hambatan Perizinan appeared first on Android Bo.

]]>
Untuk mempercepat pembangunan PLTA Kayan, dijamin perizinannya tidak akan dihambat. Jaminan tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara.

Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA Kayan terus didorong agar bisa segera dilaksanakan. Hal ini dikemukakan langsung oleh Irianto Lambrie, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara). Dilansir dari korankaltara.com, tahun ini mobilisasi alat sudah bisa dilakukan jika tidak ada hambatan.

Sebelum pembangunan PLTA Kayan dimulai, perlu dilakukan pengerukan sungai

Pembangkit listrik Sungai Kayan memiliki kapasitas sebesar 9.000 MW. Besarnya kapasitas tersebut menjadikan PLTA Kayan jadi pembangkit listrik tenaga air terbesar di Indonesia, bahkan Asia. Bangunan PLTA rencananya akan dibangun di Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan.

Namun untuk mencapai lokasi tersebut harus melalui sungai. Sedangkan kondisi sungai tidak memungkinkan untuk mobilisasi material. Hal tersebut dikarenakan adanya pendangkalan sungai, sehingga butuh pengerukan terlebih dahulu.

Terkait masalah perizinan, Gubernur Kaltara telah memberi jaminan bahwa perizinan tidak akan dipersulit. Baik perizinan dari tingkat daerah, kabupaten, maupun provinsi. Termasuk juga izin pengerukan maupun izin galian C yang sementara berproses di instansi terkait.

Pembangunan PLTA Kayan terhambat mobilisasi alat dari jalur sungai (istikmalia.com)

“Janji mereka (investor) iya (mulai pembangunan). Yang penting perizinan di kita tidak lambat. Makanya mereka (investor) minta izin apa saja, saya suruh cepat. Apalagi hanya rekomendasi. Tapi harus mereka jamin mereka harus mulai bergerak,” kata Irianto yang dikutip dari korankaltara.com (13/09).

Kabarnya, PT Kayan Hydro Energy (KHE) selaku investor utama sedang berada di China. Mereka dikabarkan sedang melakukan pengawasan atas pemuatan material untuk pra konstruksi PLTA ke kapal.

Dengan begitu, kapal yang memuat material akan sampai dalam waktu belasan hari ke depan, atau paling lambat bulan depan. Nantinya, kapal tersebut akan sampai ke Kota Tarakan. Namun untuk mobilisasi alat, pengerukan harus segera dilakukan agar akses ke tempat pembangunan dapat dijangkau.

Kepala Cabang PT KHE Tanjung Selor, Roni, sebelumnya juga sempat mengatakan kendala akses ke tujuan pembangunan. Untuk memobilisasi alat ke lokasi kontruksi PLTA di Kecamatan Peso, memang harus melalui akses sungai. Namu ia juga mengakui, untuk unit alat sebagian sudah bisa dimobilisasi lewat jalan darat yang saat ini tersedia.

“Sebelum izin itu terbit, kami juga sudah mobilisasi lewat darat sampai lokasi (PLTA Kayan) sambil prepare persiapan kontsruksi. Jadi sebelum izin galian selesai, kita juga sudah mobilisasi tapi sisi darat, dengan numpang jalan punya logging atau jalan kayu sampai ke lokasi konstruksi. Ada yang tembus dari Bhayangkara (Tanjung Palas Barat). Tapi pengerukan tetap, karena semua peralatan atau material dari luar aksesnya lewat sungai. Apalagi peralatan cukup besar-besar, jalannya masih belum (memadai),” kata Roni.

The post PLTA Kayan Tidak Akan Temui Hambatan Perizinan appeared first on Android Bo.

]]>
http://androidbo.com/plta-kayan-tidak-akan-temui-hambatan-perizinan/feed/ 0
PLTA Kayan dan Potensi Ekonomi Lain http://androidbo.com/plta-kayan-dan-potensi-ekonomi-lain/ http://androidbo.com/plta-kayan-dan-potensi-ekonomi-lain/#respond Wed, 11 Sep 2019 08:19:12 +0000 http://androidbo.com/?p=280 Dibangunnya PLTA Kayan di Kalimantan Utara diprediksi akan meningkatkan potensi ekonomi di sekitar PLTA, sehingga ekonomi masyarakat otomatis terdongkrak. PLTA Kayan jadi salah satu program pemerintah yang masuk ke dalam proyek strategis nasional di Kalimantan Utara (Kaltara). PLTA Kayan diprediksi akan meningkatkan potensi ekonomi di Kalimantan Utara. Meningkatnya pendapatan daerah Kaltara secara otomatis akan meningkatkan...

The post PLTA Kayan dan Potensi Ekonomi Lain appeared first on Android Bo.

]]>
Dibangunnya PLTA Kayan di Kalimantan Utara diprediksi akan meningkatkan potensi ekonomi di sekitar PLTA, sehingga ekonomi masyarakat otomatis terdongkrak.

PLTA Kayan jadi salah satu program pemerintah yang masuk ke dalam proyek strategis nasional di Kalimantan Utara (Kaltara). PLTA Kayan diprediksi akan meningkatkan potensi ekonomi di Kalimantan Utara. Meningkatnya pendapatan daerah Kaltara secara otomatis akan meningkatkan pendapatan masyarakatnya pula.

Tidak hanya PLTA Kayan yang menjadi proyek strategis nasional, di Kaltara pemerintah memiliki proyek strategis lain. Pembangunan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi dan kawasan industri masuk dalam proyek strategis nasional.

PLTA Kayan lebih diminati investor

Pembangunan PLTA di Indonesia tidak hanya di Kalimantan Utara, beberapa daerah lain juga akan membangun PLTA. Namun letak PLTA Kayan dirumorkan lebih diminati investor. Hal ini disebabkan karena Kalimantan jadi wilayah yang dianggap aman dari bencana alam. Sehingga investasi di Kaltara dipandang lebih menjanjikan.

Pembangkit listrik tenaga air Sungai Kayan akan mulai dibangun di akhir 2019. Proses pembangunannya pun akan dilakukan selama 5 tahapan bendungan. Masing-masing bendungan memiliki kapasitas yang berbeda. Dari kelima bendungan, PLTA Kayan dapat menghasilkan listrik sebesar 9.000 Megawatt (MW).

PLTA Kayan akan bantu pasoki listrik di ibu kota RI yang baru (popbela.com)

Pembangunan PLTA Sungai Kayan terjadi atas kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan China. Dalam pembangunannya, Indonesia juga melibatkan beberapa perusahaan BUMN, salah satunya PT PLN.

Kahyan Hydro Energy dan PLN akan melakukan kerja sama bisnis untuk memenuhi kebutuhan listrik di beberapa wilayah. KHE akan menjual listrik ke PLN dengan harga murah, kemudian PLN akan menggunakan listrik tersebut untuk memenuhi kebutuhan energi di beberapa wilayah lain.

Tujuan awal dibangunnya PLTA Kayan sendiri adalah untuk bersinergi dengan proyek strategis lainnya, terutama KIPI. Sebagai pelabuhan internasional dan kawasan industri, kebutuhan energi listrik tentu besar. Karena hal ini PLTA Kayan akan membantu pasokan lisytrik di wilayah tersebut.

Besaran investasi dalam pembangunan PLTA Kayan juga tergolong besar, bahkan mencapai jutaan dollar. PT Kayan Hidro Energy (KHE) selaku pengemban proyek optimis, nantinya PLTA Kayan akan menyumbang pertumbuhan ekonomi.

Salah satu sumbangsih ekonomi PLTA Kayan adalah adanya potensi sub sektoral lain yang berkembang. Misalnya, air permukaan yang dapat dimanfaatkan untuk menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain itu, bendungan Sungai Kayan juga akan dimanfaatkan untuk sektor lain, terutama dalam hal pertanian dan perikanan. Potensi wisata juga akan digarap di sekitar bendungan. Bendungan Kayan diharapkan mampu mendongkrak pendapatan masyarakat di Kalimantan Utara.

Listrik dari PLTA Kayan rencananya juga akan membantu kebutuhan listrik di ibu kota baru RI, Kalimantan Timur. Bahkan tidak menutup kemungkinan, Indonesia mampu mengekspor listrik ke Malaysia untuk memenuhi kebutuhan listrik di Malaysia Utara.

The post PLTA Kayan dan Potensi Ekonomi Lain appeared first on Android Bo.

]]>
http://androidbo.com/plta-kayan-dan-potensi-ekonomi-lain/feed/ 0
PLTA Kayan, Terbesar di Asia dan Siap Sokong Listrik di Kalimantan Hingga Ekspor ke Malaysia http://androidbo.com/plta-kayan-terbesar-di-asia-dan-siap-sokong-listrik-di-kalimantan-hingga-ekspor-ke-malaysia/ http://androidbo.com/plta-kayan-terbesar-di-asia-dan-siap-sokong-listrik-di-kalimantan-hingga-ekspor-ke-malaysia/#respond Mon, 09 Sep 2019 05:58:01 +0000 http://androidbo.com/?p=275 Selain menyokong kebutuhan listrik di Kalimantan, PLTA Kayan juga akan mengekspor listrik ke Malaysia. Pemerintah berencana akan membendung Sungai Kayan, Kalimantan Utara untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) pada akhir tahun 2019. PLTA Kayan ini dibangun untuk menyuplai kebutuhan listrik di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Tanah Kuning. Untuk mensukseskan rencanya tersebut,...

The post PLTA Kayan, Terbesar di Asia dan Siap Sokong Listrik di Kalimantan Hingga Ekspor ke Malaysia appeared first on Android Bo.

]]>
Selain menyokong kebutuhan listrik di Kalimantan, PLTA Kayan juga akan mengekspor listrik ke Malaysia.

Pemerintah berencana akan membendung Sungai Kayan, Kalimantan Utara untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) pada akhir tahun 2019. PLTA Kayan ini dibangun untuk menyuplai kebutuhan listrik di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Tanah Kuning.

Untuk mensukseskan rencanya tersebut, pemerintah telah menggandeng PT Kayan Hydro Energy dan PT Power China untuk membangun PLTA di Sungai Kayan.

“Akhir tahun ini sudah pengerjaan, tapi memang sempat mundur,” ujar Direktur Operasional PT Kayan Hydro Energy Khaerony di Hotel J.W Marriott, Jakarta, Rabu (21/8/2019). Seperti dikutip dari Tirto.id.

PLTA Kayan menjadi yang terbesar di Asia  

gambar PLTA (Bicnets.com)

Pembangunan PLTA Kayan akan dilakukan diatas tanah seluas 12.000 hektare. Proyek ini akan terbagi ke dalam 5 tahap pembangunan serta akan menghasilkan daya sebesar 9.000 megawatt.

Besarnya daya yang dihasilkan oleh PLTA Kayan disebut-sebut sebagai kapasitas yang terbesar di kawasan Asia.

Direktur Operasional PT Kayan Hydro Energy Khaerony mengungkapkan daya yang dihasilkan juga akan disalurkan di seluruh daratan Kalimantan.

Untuk pembangunan proyek tersebut akan dilakukan dalam lima tahapan. Pertama akan dibangun PLTA Kayan 1 dengan kapasitas sebesar 900 MW dan diproyeksikan akan selesai pada 2024.

Kemudian, pada tahun 2025, PLTA Kayan kedua akan dibangun, dan akan menghasilkan saya sebesar 1.200 MW. Setelah itu baru akan dilanjutkan untuk pembangunan PLTA kayan 3 dan 4 dengan kapasitas masing-masing 1.200 MW serta PLTA Kayan 5 dengan kapasitas 3.200 MW.

“Kayan 1 tahun ini dibangun butuh 5 tahun. Udah ada listrik 900 MW di 2024, tahap 2 akan dibangun setelah Kayan 1 selesai” ujar Khaerony.

Dia berharap dengan adanya pembangunan proyek tersebut dapat menyuplai kebutuhan listrik di seluruh daratan Kalimantan. Bahkan listrik yang dihasilkan oleh PLTA Kayan akan diekspor ke Malaysia.

“Nantinya, listrik itu akan terkoneksi dengan sistem Kalimantan. PLN saat ini sedang bangun transmisi dari Kalbar, Kalteng, Kaltim bahkan Ke Kalimantan Utara,” paparnya.

“Bahkan listrik tersebut bisa kita ekspor ke Malaysia. Karena Malaysia di bagian utara listriknya masih kurang bagus,” tambah Khaerony.

Khaerony mengatakan, pembangunan PLTA Kayan diperkirakan akan menelan dana sebesar 2,3 sampai 2,7 juta dolar Amerika Serikat (AS).

“Kurang lebih bendungan itu investasi 1 MW-nya 2,3 sampai 2,7 juta dolar AS,” ungkap Khaerony.

The post PLTA Kayan, Terbesar di Asia dan Siap Sokong Listrik di Kalimantan Hingga Ekspor ke Malaysia appeared first on Android Bo.

]]>
http://androidbo.com/plta-kayan-terbesar-di-asia-dan-siap-sokong-listrik-di-kalimantan-hingga-ekspor-ke-malaysia/feed/ 0
PLN Kurangi Pemakaian Gas untuk Pembangkit Listrik http://androidbo.com/pln-kurangi-pemakaian-gas-pembangkit-listrik/ http://androidbo.com/pln-kurangi-pemakaian-gas-pembangkit-listrik/#respond Thu, 16 May 2019 08:45:44 +0000 http://androidbo.com/?p=270 PLN Kurangi Pemakaian Gas untuk Pembangkit Listrik oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), sektor kelistrikan mengurangi dalam konsumsi gas untuk memproduksi listrik oleh pembangkit. Wakil Kepala SKK Migas Sukandar mengatakan, menurut agenda permulaan sektor kelistrikan melewati PT PLN (Persero) memerlukan 17 kargo gas alam cair (Liqufied Netral...

The post PLN Kurangi Pemakaian Gas untuk Pembangkit Listrik appeared first on Android Bo.

]]>
PLN Kurangi Pemakaian Gas untuk Pembangkit Listrik oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), sektor kelistrikan mengurangi dalam konsumsi gas untuk memproduksi listrik oleh pembangkit.

Wakil Kepala SKK Migas Sukandar mengatakan, menurut agenda permulaan sektor kelistrikan melewati PT PLN (Persero) memerlukan 17 kargo gas alam cair (Liqufied Netral Gas/LNG). Tetapi seiring berjalannya waktu, agenda ini dibatalkan.

Sunandar menyatakan bahwa PLN mengurangi penggunaan, mulanya mereka butuh 17 kargo ketika Rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Sukandar melanjutkan, jatah gas sektor kelistrikan menurun menjadi enam kargo pada tahun ini.

Namun ini disebabkan penurunan konsumsi gas oleh pembangkit listrik sebagai konsumen gas, bukan sebab pasokan gasnya yang mengalami penurunan.

PLN Kurangi Pemakaian Gas untuk Pembangkit Listrik
ilustrasi pipa baja milik SKK Migas (aktual.com)

PLN Kurangi Pemakaian Gas, Bagaimanakah Alokasinya?

Sukandar menyatakan bahwa, SKK Migas akan memasarkan 11 kargo gas, sisa kargo gas sebelumnya adalah jatah gas untuk sektor kelistrikan yang tak diresap PLN.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat investasi hulu migas menempuh USD 3,17 miliar, sampai April 2019.

Meskipun hal yang demikian malah terus melaksanakan ‎promosi lapangan migas Indonesia.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, realisasi investasi migas ‎hingga April 2019 masih di bawah sasaran Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar USD 14,79 miliar.

Berdasarkan realisasi investasi di bawah sasaran, tetapi masih ada tambahan investasi dari komitmen kerja pasti (KKP) di kawasan kerja Jambi Merang pada tahun ini sejumlah USD 38,1 juta.

Secara kumulatif, tambahan investasi dari KKP dan {janji} pasti (KP) sampai tahun 2026 ialah sebesar USD 2,16 miliar untuk aktivitas eksplorasi dan eksploitasi.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat, realisasi produksi migas siap jual (lifting) sampai April 2019 menempuh 1,8 juta barel sepadan minyak per hari.

PLN Kurangi Pemakaian Gas ,Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto merinci lifting minyak 750 ribu barel per hari (bph) dan lifting gas 5.909 juta kaki kubik per hari (MMscfd). Jumlah ini {menempuh} 89 persen dari sasaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar 2 juta barel berimbangminyak per hari. Tetapi ia optimistis akan tercapai.

The post PLN Kurangi Pemakaian Gas untuk Pembangkit Listrik appeared first on Android Bo.

]]>
http://androidbo.com/pln-kurangi-pemakaian-gas-pembangkit-listrik/feed/ 0