You are here
Home > Serba Serbi > Sri Mulyani Mendapatkan Gelar Finance Minister of The Year 2019

Sri Mulyani Mendapatkan Gelar Finance Minister of The Year 2019

Majalah keuangan internasional The Banker menobatkan Menteri Kuangan Sri Mulyani Indrawati sebagai Finance Minister of The Year 2019. Gelar yang diberikan kepada Sri Mulyani ini sebagai bentuk apresiasi atas capaian Kementerian Keuangan yang telah dianggap mampu mengatasi berbagai macam tantangan perekonomian sepanjang tahun 2018.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti dalam keterangan resmi mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan The Banker untuk menetapakan Finance Minister of The Year 2019 kepada Menteri Keuangan Indonesia. Yang pertama adalah Indonesia mampu malalui perekonomian negara di tengan berbagai bencana serta tragedi di tahun 2018.

Yang kedua adalah telah adanya modernisasi respon negara terhadap bencana alam yang terjadi selama tahun lalu. Respon yang dilakukan Kementerian Keuangan yakni strategi pembiayaan risiko dan penjaminan atau asuransi untuk mempercepat proses bantuan dan pemulihan pasca bencana.

Selanjutnya The Banker Sri Mulyani juga dianggap berhasil dalam membuat serangkaian perubahan pada sistem perpajakan untuk meningkatkan pendapatan negara. Keberhasilan tersebut antara lain telah menyederhanakan proses pembayaran pajak dan penambahan lokasi tempat pembayaran pajak.

Hal tersebut sebagai upaya pemerintah untuk menurunkan peringakat indonesia dari Global Compertitiveness Repoet 2017 yang berada di peringkat 41 dari 138 negara, dan turun empat peringkat dari tahun sebelumnya.

Yang keempat mengenai tarif Pajak Penghasilan (PPh) untuk perusahaan kecil dan menengah yang saat menjadi 0,5%. Sedangkan untuk pajak e-commerce diberlakukan untuk perusahaan e-commerce yang beroperasi di luar negeri.

Kelima, terdapat pengurangan pajak pada layanan ekspor milik Indonesia dengan menjadkan tarif Pajak Pertambahan Nilai sebesar 0% untuk menstimulasi sektor tersebut.

Perlu diketahui bahwa The Banker merupakan majalah keuangan internasional yang dimiliki Financial Times (The Nikkei) yang berlokasi di London. Selain penghargaan Finance Minister of The Year 2019 kepada Sri Mulyani, The Banker juga pernah memberikan penghargaan kepada Menteri Keuangan India Arun Jaitley pada tahun 2018 dan Menteri Keuangan argentina Alfonso Prat-gay pada tahun 2017.

Leave a Reply

Top