You are here
Home > Serba Serbi > Tips Memilih Rumah Idaman Untuk Keluarga Bahagia

Tips Memilih Rumah Idaman Untuk Keluarga Bahagia

Banyak orang yang menggunakan prinsip 4L (lokasi, lokasi, lokasi, dan lokasi) untuk memilih rumah idaman. Namun ada perspektif lain yang perlu dipahami karena membeli rumah butuh memperhatikan banyak hal. Tidak hanya masalah harga yang murah, melainkan karena rumah tersebut nantinya akan ditempati dalam jangka waktu yang lama.

Lokasi memang menjadi pertimbangan penting ketika membeli rumah. Namun sebelum menentukan pilihan, ada beberapa aspek lainnya yang perlu diperhatikan. Pada umumnya pihak pengembang akan menwarkan dua jenis rumah, yakni rumah siap huni dan rumah indent (rumah baru yang dibangun setelah akad jual beli).

Setiap pilihan rumah yang ditawarkan pengembang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda memilih rumah yang sudah siap huni maka Anda akan lebih tenang. Ini karena wujud asli rumah sudah terlihat sehingga hal ini akan memudahkan pihak bank. Selain itu, Anda juga tidak perlu menunggu waktu lama karena wujud rumah sudah jadi. Namun kekurangan dari pilihan rumah ini adalah Anda tidak dapat memastikan kebenaran material rumah.

Sementara kelebihan rumah indest adalah Anda dapat memantai secara langsung tahap demi tahap pembangunan rumah hingga jadi. Kekurungannya adalah waktu pembangunan yang tidak dapat diperkirakan alias Anda harus menunggu lebih lama.

Sebenarnya yang dijelaskan 4L di atas lebih tepatnya adalah legalitas, lokasi, lingkungan, dan logika. Kita tentu sepakat bahwa legalitas sebuah properti memang penting, dan pastikan rumah yang Anda miliki nantinya memiliki Sertifikat Hak Milik atau Hak Guna Bangunan.

Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah lingkungan. Aspek ini penting tidak hanya untuk kemanan tetapi juga tumbuh kembang buah hati Anda. Andak tentu membutuhkan teman sebaya untuk diajak bermain dilingkungan tempat tinggalnya.

Tips terakhir dalam membeli rumah adalah gunakan logika Anda. Mengapa demikian? Ini karena pada umumnya pada pengembang akan menggunakan berbagai cara untuk meyakinkan Anda agar segera membeli rumah mereka. Hal yang dapat Anda lakukan adalah selalu cek tawaran dari pengembang agar Anda tidak merasa dirugikan dikemudian hari.

Leave a Reply

Top