You are here
Home > Serba Serbi > Wisata Religi Pura Batu Bolong Bali Utara

Wisata Religi Pura Batu Bolong Bali Utara

Salah satu destinasi unik yang ada di Bali Utara salah satunya adalah Pura Batu Bolong. Pura Batu Bolong tergolong unik karena disana terdapat batu berlubang yang mengeluarkan air dan kolam besar dengan air berwarna biru.

Potensi wisata yang berada di Bali Utara ini memang masih bisa disebut belum diketahui banyak oleh wisatawan asing maupun dalam negeri. kawasan Pura Batu Bolong sebenarnya memang sudah dikelola oleh pihak desa menjadi daya tarik wisata, namun belum dikelola secara maksimal. Sudah banyak wisatawan yang mengunjungi kawasan itu, karena tempatnya indah dan tenang.

Kawasan Pura Batu Bolong sendiri memang dipenuhi pohon-pohon besar. Menurut cerita turun temurun dari para tetua, pura itu masuk dalam cagar budaya dan merupakan pura tertua di Desa Sawan. Untuk itu nanti bisa dikembangkan sebagai pariwsata alam, spiritual dan pengobatan.

Selain keindahan dan kesejukan alam, di Pura Batu Bolong juga terdapat tempat “pelukatan” atau tempat membersihkan diri secara skala maupun niskala. Banyak warga dan wisatawan yang datang untuk melakukan “pelukatan”, apalagi air kolam yang berwarna biru itu dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Berbagai potensi wisata unik di Pura Batu Bolong memang belum digarap secara serius, masih bisa dibilang mandiri. Oleh karena itu kedepannya pihak Desa Sawan berencana untuk bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng untuk bekerjasama dengan melakukan promosi wisata.

Promosi wisata tentang Pura Batu Bolong dilakukan dengan menggelar kegiatan dan sosialisasi kepada pihak swasta dan menjadikan Pura Batu Bolong destinasi kunjungan para wisatawan.

Pengembangan destinasi wisata Pura Batu Bolong memang harus secara matang akan berimbas secara langsung kepada masyarakat yang berada di kawasan Pura Batu Bolong. Kegiatan ekonomi di sektor pariwisata bisa berjalan dan pastinya akan menggenjot kesejahteraan masyarakat Desa Bayan.

Inilah sebenarnya yang menjadi konsen dan tujuan setiap pengembangan sektor pariwisata, dimana masyarakat akan mendapatkan  imbas secara nyata dari pergerakan ekonomi sektor pariwisata. Bukan hanya pemerintah yang diuntungkan karena devisa Negara bertambah melainkan masyarakat juga bisa mendulang keuntungan.

Leave a Reply

Top