Pemerintah Kabupaten Trenggalek sedang menjalankan upaya serius dalam pengembangan energi terbarukan yang ramah lingkungan, melalui kemitraan strategis dengan PLN Icon Plus. Langkah ini terungkap dalam penandatanganan memorandum of understanding (MoU) yang meliputi pengembangan jaringan telekomunikasi dan energi terbarukan, khususnya instalasi PLTS Atap di Gedung Guest House kompleks Pendopo Bupati Trenggalek.

Penandatanganan MoU itu dilakukan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun ke-24 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), yang dihadiri oleh 35 bupati dari seluruh Indonesia.

Gala dinner sebagai bagian dari perayaan tersebut juga menampilkan komitmen Trenggalek terhadap pembangunan berkelanjutan dan kelestarian alam, dengan transformasi bekas tambang batu andesit menjadi tempat festival light and sound yang menggabungkan teknologi dan seni.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menegaskan bahwa upaya pengembangan energi terbarukan ini adalah bagian dari visi untuk mengembangkan ekonomi berbasis kreativitas dan menjauhkan daerah dari eksploitasi sumber daya alam yang tidak berkelanjutan.

Festival di Tebing Kepuh menjadi simbol komitmen ini, yang menunjukkan perubahan positif dalam memanfaatkan potensi lokal secara berkelanjutan.

Vice President Pemasaran PLN Icon Plus, Wahyu Haris Kusuma Atmaja menambahkan bahwa kehadiran mereka dalam acara Apkasi adalah untuk mendukung pemerintah daerah dalam infrastruktur berkelanjutan, dengan menjadi fasilitator dan mentor dalam pengembangan energi hijau.

Pemasangan PLTS Atap dan strategi karbon capture merupakan bagian dari upaya PLN Icon Plus untuk meningkatkan keberlanjutan energi di Trenggalek.

Acara gala dinner ini tidak hanya memperkuat hubungan antar daerah tetapi juga membuka peluang kerja sama strategis di masa depan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur berkelanjutan dan memanfaatkan energi terbarukan secara lebih luas di Indonesia.

Dengan langkah-langkah ini, Trenggalek tidak hanya menjadi contoh dalam pengembangan energi terbarukan tetapi juga dalam memanfaatkan potensi kreatif lokal untuk mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Demikian informasi seputar pengembangan energi terbarukan di Trenggalek. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Androidbo.Com.